Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Islam Memuliakan Wanita? ~ majalah-nikah.com

Bagaimana Cara Islam Memuliakan Wanita? ~ majalah-nikah.com. Penahkah terlintas dalam pikiran kita, bagaimana cara Islam memuliakan wanita? Seperti apa Islam memuliakan wanita? Apakah Islam memuliakan wanita pada waktu-waktu tertentu saja? Di bawah ini Anda akan menemukan jawabannya.
Bagaimana Cara Islam Memuliakan Wanita? ~ majalah-nikah.com

Islam Memuliakan Wanita Pada Setiap Waktu

Islam Memuliakan Wanita Ketika Masih Kecil, Islam Memberikan Pemuliaan Khusus Kepada Wanita Ketika Sudah Menjadi Seorang Ibu, Islam Memuliakan Wanita Ketika Telah Menjadi Seorang Istri, Islam Memuliakan Bibi dan Saudara Perempuan, Islam Memuliakan Wanita Secara Umum.

1. Islam Memuliakan Wanita Ketika Masih Kecil

Sesungguhnya Islam mengajak manusia agar memuliakan wanita sejak masih kecil. Islam menyerukan agar memperhatikan dan mengurusinya dengan baik. Islam menyerukan agar membaguskan dalam hal pendidikannya, agar kelak menjadi wanita yang shalihah, bisa menjaga diri dan afifah. Demikian pula Islam mencela perilaku jahiliah yang mengubur anak wanita mereka hidup-hidup. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

حَرَّمَ عَلَيْكُمْ عُقُوقَ الْأُمَّهَاتِ وَمَنْعًا وَهَاتِ وَوَأْدَ الْبَنَاتِ

"Sesungguhnya Allah mengharamkan atas kalian berbuat durhaka kepada ibu-ibu kalian, mencegah dan meminta serta mengubur anak perempuan hidup-hidup." (HR. Bukhari: 5975, Muslim: 593) 

Bahkan, Allah menyiapkan pahala yang besar berupa surga bagi yang sabar dalam mengurusi anak perempuan. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

مَنْ كاَنَ لَهُ ثَلاَثُ بَنَاتٍ يُؤْوِيْهُنَّ وَيَكْفِيْهِنَّ وَيَرْحَمُهُنَّ فَقَدْ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ الْبَتَةَ. فَقَالَ رَحجُلٌ بَعْضِ الْقَوْم: وَثِنْتَيْنِ يَارَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: وَثِنْتَيْنِ  

"Barangsiapa yang mempunyai tiga orang anak perempuan, dia melindungi, mencukupi, dan menyayanginya, maka wajib baginya surga." Ada yang bertanya, "Bagaimana kalau dua orang anak wanita wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Dua anak wanita juga termasuk." (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad no. 178)

2. Islam Memberikan Pemuliaan Khusus Kepada Wanita Ketika Sudah Menjadi Seorang Ibu

Yaitu Islam memerintahkan agar berbuat baik kepada seorang ibu, dengan membantu, mengagungkan, mendo'akan kebaikan, menjaga dari segala gangguan, dan anjuran bergaul se-baik mungkin kepadanya. Allah عزّوجلّ berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيماً. وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamn mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS. al-Isra' [17]: 23-24)

Abu Hurairah رضي الله عنه berkata:

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي قَالَ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أُمُّكَ قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ أَبُوكَ

"Ada seseorang datang menemui Nabi صلى الله عليه وسلم dan bertanya, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku selayaknya berbuat baik?' Beliau menjawab, 'Kepada ibumu!' Orang tadi bertanya kembali, 'Lalu kepada siapa lagi? Rasulullah menjawab, 'Ibumu.' Kemudian ia mengulangi pertanyaannya, dan Rasulullah tetap menjawab, 'Kepada ibumu!' Ia bertanya kembali, 'Setelah itu kepada siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Kepada bapakmu!'" (HR. Bukhari: 5971, Muslim: 2548)

3. Islam Memuliakan Wanita Ketika Telah Menjadi Seorang Istri

Islam telah memberikan hak-hak yang agung bagi istri yang harus dilaksanakan seorang suami, sebagaimana suami juga punya hak yang agung. Di antara ayat yang menerangkan hak-hak istri adalah firman Allah عزّوجلّ yang berbunyi:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Dan bergaullah dengan mereka secara patut. (QS. an-Nisa' [4]: 19)

4. Islam Memuliakan Bibi dan Saudara Perempuan

Islam menganjurkan untuk menyambung hubungan kepada bibi dan saudara perempuan dengan berbuat baik kepada mereka dan memperhatikan hak-hak mereka. Islam menjanjikan pahala yang besar bagi yang melaksanakan an-juran ini.

 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, "Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu-ibu kalian, kepada ibu-ibu kalian, kemudian kepada bapak-bapak kalian kemudian kepada yang paling dekat dan yang paling dekat setelahnya." (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad: 60, Ibnu Majah: 3661) 

5. Islam Memuliakan Wanita Secara Umum

Yaitu Islam memuliakan wanita-wanita yang tidak ada hubungan kekerabatan tetapi mereka membutuhkan pertolongan. Di antara contohnya Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

السَّاعِي عَلَى الْأَرْمَلَةِ وَالْمِسْكِينِ كَالْمُجَاهِدِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَأَحْسِبُهُ قَالَ وَكَالْقَائِمِ لَا يَفْتُرُ وَكَالصَّائِمِ لَا يُفْطِرُ

"Orang yang mengusahakan bantuan bagi para janda dan orang-orang miskin seolah-olah dia adalah orang yang berjihad dijalan Allah."—Rawi berkata: Dan aku mengira beliau juga berkata — "Dan seperti orang yang shalat tidak pernah lemah dan seperti orang yang puasa tidak pernah berbuka." (HR. Bukhari: 6007, Muslim: 2982) 

Demikianlah Islam memuliakan wanita. Sedikitpun tidak memandang rendah dan hina atau menjadi obyek yang selalu terpinggirkan. Tapi sangat-sangat dimuliakan dalam Islam. Allahu a'lam.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Islam Memuliakan Wanita? ~ majalah-nikah.com"